(14 Aug 2024 | 20:16)

Memaknai Kata TITIP Bagi Orangtua yang Menyekolahkan Anak di Boarding School

Berpisah dengan anak dalam usia pertumbuhannya merupakan hal yang tidak mudah bagi orangtua, namun demi masa depan dan pembentukan karakter serta terhindar dari pengaruh dunia luar, Orangtua harus rela untuk melepas anak kesayangannya dan menyekolahkan di Boarding School. Dalam hal ini ada makna dari Kata TITIP yang perlu diketahui orangtua sebagai motivasi diri untuk menguatkan hari disaat berpisah dengan anak.

TITIP merupakan singkatan dari "Tega, Ikhlas, Tawakkal, Ikhtiar, Percaya" yang mempunyai makna sebagai berikut:

  • TEGA

Orangtua harus memiliki rasa tega berpisah dengan anak, tega dalam arti kata berani menahan diri untuk tidak bersedih, ragu atau gundah selama anak menjalani pendidikan di Boarding School.

  • IKHLAS

Setelah ada kekuatan rasa tega untuk berpisah, orangtua harus ikhlas melepaskan anak dari pelukan, dalam artikata mengikhlaskan anak untuk tumbuh berkembang di dalam lingkungan boarding school, sikap ikhlas juga harus berdasarkan karena Allah SWT, semua demi kebaikan masa depan anak.

  • TAWAKKAL

Setelah tega dan ikhlas orangtua harus bertawakkal, berserah diri kepada Allah SWT, senantiasa mendoakannya dan berfikir hal positif terhadap proses pendidikan yang dijalani anak.

  • IKHTIAR

Orangtua terus berusaha memenuhi kebutuhan pendidikan anak, memenuhi nafaqah segenap belanjanya dalam menjalani pendidikan di Boarding School. Selain itu, salah satu bentuk ikhtiar yang terbaik adalah Do'a, orangtua harus senantiasa berdo'a untuk kebaikan dan kelancaran anak dalam proses pendidikan dan pengajaran di Boarding School.

  • PERCAYA

Kepercayaan orangtua terhadap lembaga tempat anak menempuh pendidikan merupakan salah satu modal utama pada keberhasilan anak, harus ada keyakinan diri bahwa segenap program dan sajian aktifitas yang diselenggarakan boarding school merupakan pendidikan untuk menumbuhkan dan mengembangkan karakter anak, orangtua harus memiliki kepercayaan penuh terhadap guru dan pendidik serta menjalin komunikasi baik dalam proses pendidikan anak di Boarding School.