Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami SMP/SMA : 087815583999/08113007055

SMP Al Hikmah Boarding Life Batu

06 September 2019 14:46:02, by Administrator

Sekolah yang mengkombinasikan Self Managed Learning, Experiential Learning, dan Pemanfaatan Learning Content Management System.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Setelah menjadi pioner pelaksanaan program pendidikan sehari (Full day School) di Indonesia, YLPI Al Hikmah terus mengembangkan diri untuk memberi kontribusi terbaik bagi NKRI, dengan membuka program pendidikan sekolah berasrama (boarding). Selama kurang lebih 2 tahun telah di buka program pendidikan sekolah berasrama (boarding) untuk jenjang Sekolah Menengah Atas, (SMA) di desa Giri Purno, Bumi Aji Kota Batu Jawa Timur. Melengkapi program pendidikan berasrama  selama 6 tahun, maka pada tahun pelajaran 2020/2021 dibukalah Sekolah Menengah Pertama , SMP berasrama (boarding) Al Hikmah Batu, yang berlokasi sama, di  di lereng gurung Arjuno, Batu Jawa Timur.

Sebagai satu bagian  utuh dari program pendidikan sekolah menengah berasrama selama 6 tahun, SMP Al Hikmah Boarding  akan  membantu menyiapkan generasi aqil baligh yang mampu belajar dari nilai-nilai kehidupan dan siap memikul beban kehidupan di usia perkembangannya. Dengan latar belakang itulah maka Sekolah Menengan Pertama Al Hikmah berasrama ini di beri nama SMP Al Hikmah Boarding Life  Batu.

 

VISI

Meluluskan peserta didik yang sholih, siap memikul beban kehidupan, muslih dan berprestas  optimal

 

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang menyeimbangkan pencapaian masa aqil dan baligh siswa.
  2. Menyelenggarakan proses pendidikan yang menumbuhkan kesadaran siswa akan tujuan penciptaan dan hakekat kehidupannya.
  3. Menyelenggarakan proses pendidikan yang mengoptimalkan potensi siswa untuk berprestasi

 

PRINSIP PEMBELAJARAN DI SMP AL HIKMAH BOARDING LIFE

1. Self Managed Learning

  • Pendekatan terstruktur untuk membantu siswa menyesuaikan model pembelajaran mereka untuk mencapai tujuan belajarnya
  • Setiap siswa memiliki kemampuan dan gaya belajar yang berbeda dan bagaimana mereka belajar dan apa yang mereka butuhkan untuk belajar pun tentunya berbeda
  • Siswa bertanggung jawab untuk mendefinisikan dan mencapai tujuan pembelajaran mereka, dengan bantuan modul belajar. Dengan dukungan teman dan pembina, mereka memutuskan bagaimana, apa dan kapan mereka ingin belajar dan yang paling mendasar mengapa pembelajaran itu penting bagi mereka.

 

2. Mastery Learning

Setiap anak berbeda.  Demikian  juga dengan waktu yang dibutuhkan mereka untuk menguasai pembelajaran. Dalam kelas  tradisional, pembelajaran tuntas berdasarkan waktu biasanya dibagi dalam semester. Dalam mastery learning, anak-anak memiliki keleluasaan dalam hal waktu, yang mereka harus capai adalah level mastery (100) untuk setiap topik pembelajaran yang diajarkan.

 

3. Problem-Based Learning

Menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Pembelajaran berbasis masalah digunakan untuk merangsang berfikir tingkat tinggi dalam situasi berorientasi masalah, termasuk didalamnya belajar bagaimana belajar. Peran guru dalam pembelajaran berbasis masalah adalah menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan, dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog. 

 

4. Discovery Learning

Dalam pembelajaran discovery(penemuan) kegiatan atau pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat menemukan konsep-konsep dan prinsip-prinsip melalui proses mentalnya sendiri. Dalam menemukan konsep, siswa melakukan pengamatan, menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, menarik kesimpulan dan sebagainya untuk menemukan beberapa konsep atau prinsip.

 

5. Multi Disciplinary Project Based Learning

Proyek besar lintas mata pelajaran, di mana Matematika, Bahasa, dan Seni terintegrasi.

 

6. Islamic Value Reflective Learning

Refleksi adalah wajib dalam pengajaran dan pembelajaran. Ini melatih keterampilan metakognitif siswa. Siswa mengevaluasi kekuatan dan kelemahan mereka dalam topik tertentu. Yang penting adalah siswa dapat menarik pesan apakah apa yang telah mereka pelajari semakin membuat mereka lebih dekat kepada Allah Swt.

 

GRAND PROGRAM SMP AL HIKMAH BOARDING LIFE BATU

1. PROGRAM KEISLAMAN:

PONDASI (Program Pembinaan Dasar Keislaman) : Penguatan aqidah,ibadah, adab siswa melalui taklim rutin reguler dan pengawalan dalam aktifitas kesehariannya

POSTUR MABA  ( Program  Tersruktur Masa Aqil Baligh) : Pembinaan dan pendampingan intensif menjelang masa aqil baligh hingga siswa mengetahui tanda-tandanya serta memahami makna kesempurnaan dandan tujuan penciptaannnya

PROFIDZ (Program Tahfidz) : Menumbuhkan rasa cinta siswa pada Al Qur’an dengan memberi kesempatan kepada mereka untuk menghafal hingga 30 Juz Al Qur’an atau sesuai target dan kemampuannya

 

2. PROGRAM PENDIDIKAN

MAJU PESAT 1 (Masa Jumpa Perdana Siswa Angkatan Tahun ke 1) : Membuat siswa merasa nyaman hingga bisa mempercepat proses adaptasi di lingkungan barunya, serta tergali potensi dasar ibadah, akhlaq, akademis dan psikologisnya

TRAPI IMAN ( Training  Calon pemimpin Indonesia masa depan): Program pembinaan berjenjang untuk meningkatkan ketrampilan hidup dan dasar-dasar kepemimpinan siswa melalui integrasi di kegiatan kepramukaan

NAKAR IKAN ( Bina Karakter Rutin Pekanan) : Berisi serangkaian kegiatan rutin siswa yang  di desain untuk pencapian nilai-nilai karakter utama pada program PPK KEMNDIKBUD RI.

 

3. PROGRAM PENGAJARAN

PROKALIMAS   (Program Karya Tulis Ilmiah Siswa) : Pembinaan budaya literasi siswa yang mendorong  mereka memiliki kemampuan untuk  membuat tulisan formal dalam bentuk karya Ilmiah sebagai syarat kenaikan kelas IX

PROSESI (Program Sosial, dan  Ekonomi Siswa) : Melatih kepedulian dan kepekaan siswa terhadap kondisi disekitarnya, dan mengembangkan kemampuan siswa dalam mengelola kegiatan ekonomi sederhana

MABIT  (Mahir Bahasa Internasional) : Menciptakan kondisi lingkungan yang membiasakan siswa menggunakan bahasa Inggris dan arab dalam percakapan sehari-hari

 

4. PROGRAM EKSTRA

KEMBARI (Keminatan dan Bakat Diri) : Pemilihan kegiatan  ekstra kurikuler sekolah yang dirahkan pada bakat dan minat masing-masing siswa dan potensi yang ada padanya

PUKKIS    (Program  Unjuk  Kreasi dan  Karya Siswa) : Kegiatan apresiasi karya siswa dalam bentuk pameran akhir semester, menampilkan semua hasil karya siswa baik dalam kegiatan kokurikuler atauekstrakurikuler

PRO SEGAR (Program Olahraga Sehat dan  Bugar) : Program olahraga ringan setiap hari yang dilakukan sebelum aktifitas belajar di sekolah untuk melancarkan metabolisme tubuh dan meningkatkan fokus

Link Terkait