Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami +628113007055 (Call and WA)

Selamat Datang di Al Hikmah Boarding School

Sekolah Calon Pemimpin Masa Depan

Selamat Datang di Al Hikmah Boarding School

Di usia yang sudah menginjak hampir 30 tahun, Yayasan Lembaga Pendidikan Al Hikmah mendirikan Islamic Boarding School di Batu Malang. Tepatnya dimulai pada tahun 2015. Sedangkan pendidikannya sudah dimulai pada tahun 2018 untuk jenjang SMA.

Al Hikmah Islamic Boarding School dirasa perlu hadir untuk ikut serta dalam membangun negeri Indonesia dengan sistem pendidikan 24 jam, menggabungkan antara aktivitas keseharian menjadi satu kurikulum yang tidak terpisahkan dengan material pendidikan formal. Sehingga tidak hanya melahirkan siswa yang cerdas, tapi juga memiliki antusiasme tinggi dalam menghadapi masa depan.

Al Hikmah Islamic Boarding School Malang memiliki profil lulusan yang sholih, yaitu memiliki akhlaq yang baik kepada Allah dan Rasulnya, orang tua dan guru, sesame, diri sendiri, lingkungan juga ilmu. Akhlaq menjadi profil yang utama karena tanpa akhlaq nilai dari kompetensi hanya setengahnya saja.

Kedua, Muslih. Berarti tidak hanya berpikir untuk dirinya sendiri, tapi juga memiliki kedudukan penting untuk orang lain. Yang menjadi ukuran adalah seberapa manfaat hadirnya untuk orang lain. Sehingga kehadiran alumni Al Hikmah Islamic Boarding School di Malang ini mampu menjadi pewarna peradaban Indonesia.

Ketiga, memiliki kemampuan akademik yang optimal. Maksudnya bukan hanya pintar, namun memiliki kemampuan untuk membuka beragam literasi mendasar, dan menerapkannya pada persoalan yang kompleks di masyarakat untuk mendapatkan pemecahan masalahnya. Dengan kata lain memiliki jiwa kritis, kreatif, dan analitis sebagai bekal menghadapi tantangan masa depan.

Untuk mencapai ini SMA Islamic Boarding School di Malang ini memiliki pendekatan pembelajaran Self Directed Learning, yaitu lebih mengoptimalkan kemampuan individu hingga sampai pada tataran puncak. Caranya adalah memberikan kemampuan belajar mandiri yang baik, mampu menganalisa struktur dan akar masalah untuk mengetahui pemecahannya. Dengan kata lain juga menciptakan jiwa otodidak untuk menghadapi kecapatan perubahan di masa yang akan datang.

Oleh sebab itu Al Hikmah Islamic Boarding School Batu Malang ini mewadahi setiap potensi dengan fasilitas guru pendamping yang intensif, juga fasilitas semacam ruangan khusus pengembangan potensi, juga laboratorium di dalam atau di luar kelas.

Bahkan di sekolah Al Hikmah Boarding School Malang ini diciptakan aplikasi khusus pemantauan pembelajaran siswa melalui Learning and Content Management System – LCMS yang berbasis teknologi informasi. Sehingga aplikasi ini mampu memperlihatkan capaian terbaik siswa, dan hal apa yang masih perlu ditingkatkan dari siswa di al Hikmah Boarding School Batu Malang ini.

Untuk itu komunitas belajar di asrama harus mendukung. Al Hikmah dengan sistem asramanya kemudian membentuk dua model lingkungan. Yaitu model keluarga yang di dalamnya ada pengasuh dalam satu rumah yang berperan layaknya orangtua dengan ikatan persaudaraan yang kuat. Apalagi asrama Al Hikmah Boarding School didisain seperti layaknya rumah. Bukan seperti asrama besar pada umumnya.

Kedua adalah model bermasyarakat. Dengan mekanisme asrama yang kecil layaknya rumah, maka menciptakan sebuah masyarakat di dalam Al Hikmah Boarding School tidaklah sulit. Beberapa cottage kecil yang berfungsi sebagai asrama menjadikan al Hikmah Boarding School seperti sebuah desa pendidikan. Mereka juga bertetangga, mereka juga berinteraksi dengan suku dan budaya yang berbeda.

Dengan model demikian Al Hikmah Boarding School Batu Malang ini dengan mudah menciptakan beragam keadaan. Yang paling pokok adalah suasana kondusif untuk melaksanakan ibadah dan kebiasaan akhlaqul karimah. Al Hikmah menekankan akhlaq pada aspek pembiasaan, bukan melalui dasar pemaksaan. Sehingga setiap siswa nantinya tertanam akhlaq mulia.

Di antara kegiatan pendidikan keislaman yaitu tahfidz al Quran yang disyaratkan minimal dua juz. Juga ayat-ayat tematik beserta pemahaman tafsirnya. Bagi siswa SMA, hal demikian tentu saja istimewa karena mampu menghafal dengan tafsirnya.

Juga ada sertifikasi menjadi pengajar al Quran bagi setiap siswa SMA Al Hikmah Boarding School Batu. Sehingga jika nantinya menekuni profesi apa pun, mereka akan tetap mengajar mengaji. Sertifikasi itu dikeluarkan khusus oleh lembaga pengembang metode al Quran.

Penguatan akhlaq juga dilakukan melalui penguatan ibadah amaliah harian. Yaitu melaksanakan puasa sunah, Qiyamul Lail, mentoring atau halaqah, menjadi imam di setiap shalat, menjadi khatib shalat jumlah, dan diutus untuk kegiatan dakwah berbasih masjid-masjid di pedesaan atau di perkotaan.

Selanjutnya adalah lingkungan yang mendukung suasana belajar. Kondusif bagi siswa, juga bagi guru untuk melakukan interaksi berkelanjutan dalam agenda meningkatkan kompetensi. Prinsipnya cukup unik, yaitu menjadi alam sebagai sarana terbaik untuk mengenal ilmu pengetahuan. Dengan luas 15 hektar, dan berada di pegunungan, prinsip ini sangat mungkin dilaksanakan tanpa hambatan.

Beberapa program pengembangan minta siswa di antaranya adalah pengembangan karya tulis ilmiah, olimpiade, juga persiapan untuk studi lanjut baik di dalam maupun di luar negeri. Di SMA Al Hikmah Surabaya, rata-rata setiap tahunnya 6-8 melanjutkan perkuliahan di luar negeri, baik Asia, dan Eropa.

Lingkungan berikutnya adalah lingkungan ekonomi. Yaitu lingkungan untuk pengembangan potensi ekonomi, juga lingkungan untuk belajar membangun jiwa entrepreunership di setiap siswa. Di Al Hikmah Boarding School setiap siswa punya kesempatan yang sama untuk memanfaatkan potensi pertania, perikanan, dan melakukan kegiatan produksi, bahkan menjual dalam pameran dan kepada masyarakat sekitar sebagai satu mata pelajaran yang wajib menjadi kompetensi dasar siswa yang belajar di sekolah Al Hikmah Islamic Boarding School Batu Malang.

Oleh sebab itu di Al Hikmah Islamic Boarding School banyak kegiatan sosial semacam fild trip karir. Juga kegiatan ekonomi semacam pemanfaatan lahan pertanian dan perikanan dengan masyarakat sekitar juga student fair. Yang berlangsung dalam waktu yang sudah ditentukan.

Untuk program bahasa al Hikmah Boarding School Batu Malang ini yang ditingkatkan adalah kemampuan berbahasa Inggris dan Arab melalui interaksi harian, praktek berbasis kebutuhan percakapan paling pokok hingga terumit. Kemampuan berbahasa pasif hingga aktif menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa SMA Al Hikmah Boarding Batu.

Fasilitas untuk siswa adalah fasilitas sekolah modern yang mengakomodasi kenyamanan dan keamanan. Satu kamar hanya dihuni empat orang dengan dua kamar mandi di dalam kamar. Namun kamar tanpa ac karena cuaca di Batu Malang di antara 19-26 derajat celcius.

Olah raga yang tersedia adalah bela diri, berenang, memanah, sepak bola dengan lapangan sepakbola standar nasional, basket, bulu tangkis indoor dengan lantai kayu yang nyaman, tenis meja, dan lain-lain. Sehingga setiap siswa akan merasakan kenyamanan ketika berada di dalam kampus.

Yang istimewa dari Al Hikmah Islamic Boarding School adalah tempatnya yang luas, dan letaknya berlatar pegunungan dengan ketinggian 890 mdpl. Perkebunan dan peternakan menyatu dengan tatanan yang menjadikannya sekolah boarding school istimewa.

SMA Al Hikmah Boarding School Batu Malang
Alamat: Jl. Giripurno No. 145
+628113007055 (Call and WA)

https://www.instagram.com/smaalhikmahbatuboardingschool/