Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami SMP/SMA : 087815583999/08113007055

Pertama Kali, Siswa SMP Al Hikmah Boarding Jadi Petugas Upacara Bendera

28 September 2021 20:15:18, by Administrator

Sebuah Proses Penguatan Nasionalisme dan Kepemimpinan

Pagi yang hangat mendampingi para siswa SMP Al Hikmah Boarding School Batu dalam rangka melaksanakan upacara bendera secara rutin tiap dua minggu sekali. Senin, 20 September 2021 menjadi tanggal yang akan diingat para civitas akademis SMP Al Hikmah Boarding School karena tanggal tersebut untuk pertama kali para siswa SMP Al Hikmah Boarding School berkesempatan menjadi petugas upacara bendera. Bertempat di lapangan basket Al Hikmah Boarding School upacara berlangsung sangat khidmat dan penuh dengan rasa haru yang dirasakan para ustadz karena menyaksikan anak didik SMP mampu melaksanakan tugas sebagai petugas upacara.

Mulai dari pemimpin kompi hingga pembina upacara siswa SMP Al Hikmah Boarding School menjadi petugasnya. Keseluruhan siswa yang menjadi petugas upacara mampu menunjukkan performa terbaiknya, terutama Muhammad Hakim Imaduddin Abduljalil yang menjadi pemimpin upacara dan Fawwas Wignya Widiyanto sebagai Pembina upacara. Hakim mampu memimpin jalannya upacara dengan tegas dan penuh dengan keberanian mengawal kegiatan ini hingga selesai. Fawwas sebagai pembina upacara dengan penuh kesungguhan menyampaikan pidato yang sangat memotivasi para peserta upacara dengan tema pidato Kepedulian.

Setidaknya terdapat dua nilai yang dapat disimpulkan dalam upacara bendera kali ini yaitu penguatan Nasionalisme dan melatih jiwa kepemimpinan. Dua nilai tersebut tentu dirasa sangat penting terkait proses tumbuh kembang siswa SMP. Upacara Bendera Merah Putih menjadi bentuk pembelajaran untuk nilai Penguatan Nasionalisme. Kesempatan menjadi Pembina upacara menjadi bentuk pembelajaran dalam hal melatih jiwa kepemimpinan. Terlepas dari itu semua, layak dinanti keterlibatan para siswa SMP dalam melaksanakan upacara-upacara selanjutnya. Mungkin siswa SMP tidak mampu melebihi kehebatan para siswa SMA ketika menjadi petugas upacara, tapi setidaknya mampu menyamainya.