Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami +628113007055 (Call and WA)

Pendakian ke Gunung Panderman

06 December 2018 14:29:50, by Administrator

Mendaki gunung memiliki manfaat untuk melatih fisik dan mental para siswa

Jumat, 9 November 2018.
"Carrierku Berat kamu gak akan kuat biar aku saja :)".
Kegiatan pendakian butuh persiapan yg matang apalagi jika disertai dengan bermalam maka persiapannya semakin lebih, berbagai kebutuhan logistik harus disiapkan utk dibawa seperti tenda, sleeping bag, matras, air minum dan makanan dengan jumlah sesuai lamanya di gunung, peralatan masak, senter, jaket hangat, obat2an pribadi, dsb. Selain logistik yg cukup, persiapan yg juga sangat penting adalah kesiapan fisik dan mental, serta yg paling penting adalah jangan lupa untuk berdoa sebelum berangkat. Dengan persiapan yg maksimal kegiatan pendakian insyaAllah akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Pendakian dimulai sore hari ba'da ashar. Diawali dengan sholat ashar sekaligus pendaftaran tiket, dilanjutkan dg berdoa, maka dimulailah perjalanan pendakian. Pendakian tidak langsung ke puncak panderman, melainkan ke pos pertama yaitu Latar Ombo. Pendakian ke Latar Ombo sejatinya cukup berat dan melelahkan dikarenakan medan yg menanjak, sekaligus semua siswa mendaki dengan membawa beban carrier yang bisa dibilang cukup berat yg berisi berbagai logistik keperluan mendaki dan berkemah. Namun dengan semangat serta kesolidan tim, Alhamdulillah semua siswa berhasil sampai ke pos pertama dengan aman dan tepat waktu.

Sesaat setalah sampai di pos Latar Ombo(1604mdpl), siswa Al Hikmah Boarding School Batu langsung mendirikan tenda mereka. Pendirian tenda dilakukan secara mandiri kerja sama kelompok. Tidak membutuhkan waktu lama sebelum memasuki waktu maghrib tiba akhirya semua tenda sudah berhasil didirikan.

Alhamdulillah, meskipun sedang berada di area pegunungan/alam bebas siswa Al Hikmah batu tetap melaksanakan ibadah(sholat, dzikir pagi-sore, baca quran) tidak jauh dari biasanya.
.
Untuk berwudhu dikarenakan  keterbatasan air maka siswa melaksakan wudhu dengan jumlah air yg sedikit(sebelumnya telah belajar berwudhu dengan air sedikit). Setelah berwudhu kegiatan dilanjutkan dengan dzikir sore lalu sholat maghrib berjamaah dan membaca alquran.
.
Semoga apa yg dikerjakan siswa bisa memberi contoh kepada para pendaki lainnya.

10 November 2018 - Menjadi peristiwa bersejarah bagi SMA Al Hikmah Boarding School Batu karena pada hari itu siswa mengadakan upacara peringatan hari pahlawan secara berbeda dan istimewa, karena upacara tidak dilakukan di sekolah seperti umumnya tetapi upacara diadakan di tempat yg tidak biasa yaitu gunung Panderman. Setelah upacara bendera disampaikan beberapa penghargaan bulanan kepada para siswa.
.
Untuk mencapai lokasi upacara tidaklah mudah, tetapi para siswa harus berjuang terlebih dahulu dengan mendaki ke lokasi upacara(Latar Ombo-Mt.Panderman) yg memiliki medan yg cukup menanjak serta sekaligus mereka harus membawa tas ransel carier yg cukup besar dan berat yg mana berisi berbagai kebutuhan berkemah mereka selama 2 hari 1 malam.
.
Pada upacara tsb pembina upacara memyampaikan tentang perjuangan Bung Tomo dalam mempertahankan kemerdekaan dari penjajah yg melibatkan ulama dalam perjuangan tsb.


.
Perjalanan yg berat penuh perjuangan dari Pos Latar Ombo(1600mdpl) ke Puncak Basundara Panderman(2000mdpl) Alhamdulillah bisa dilalui oleh semua siswa Al Hikmah Boarding School.
.
Touch Down Puncak Basundara- Kalian Luar Biasa


https://www.instagram.com/smaalhikmahbatuboardingschool/