Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami SMP/SMA : 087815583999/08113007055

PEMILU OSIS BERBASIS E-VOTING

18 February 2019 11:42:17, by Administrator

SMA Al Hikmah Boarding School Batu menyelenggarakan kegiatan PEMILU OSIS berbasis E-Voting

https://www.instagram.com/smaalhikmahbatuboardingschool/

Senin, 18 Februari 2019 menjadi hari bersejarah bagi SMA Al Hikmah Boarding School Batu. Karena pada hari itu sekolah menyelenggarakan untuk pertama kalinya kegiatan Pemilu untuk Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS untuk periode 2019/2020. Atau bisa dikatakan juga sebagai awal berdirinya OSIS di sekolah ini. Pada even Pemilu ini ada 2 kandidat yang maju untuk mencalonkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS. Pasangan no urut 1 adalah M Adelio Wardana berpasangan dengan Fikri Azra Wijaya sedangkan pasangan no urut 2 adalah M Hibatullah berpasangan dengan M Alvin Barkhoya. Salah satu dari paslon inilah yang nantinya akan memimpin organisasi OSIS di SMA Al Hikmah Boarding School Batu.

Pembentukan sekaligus Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS ini karena OSIS memiliki banyak manfaat bagi siswa. Di sini siswa dapat belajar banyak hal yaitu belajar tentang berorganisasi, kerjasama, kepemimpinan, tanggung jawab, komunikasi, kepekaan sosial, serta mengajarkan siswa untuk dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi lingkungan. Dalam hal ini OSIS dapat dijadikan wadah yang efektif siswa untuk membentuk jiwa kepemimpinannya.

Meskipun ini adalah Kegiatan Pemilu yang pertama kalinya, Komisi Pemilihan OSIS yang mana anggotanya juga para siswa, mengadakan Pemilu tidak dengan cara biasa dengan menggunakan kertas suara namun Pemilu ini dilaksanakan dengan menggunakan sentuhan teknologi dengan sistem Online, atau biasa disebut dengan E-Voting. SIstem E-Voting ini sejalan dengan era saat ini yang sangat erat dengan penggunaan teknologi untuk aktivitas manusia, secara khusus penggunaan teknologi informasi atau internet.

Penggunaan sistem E-Voting memiliki beberapa keunggulan dibanding sistem lama, diantaranya pertama yang pasti dapat mengurangi penggunaan kertas, kedua E-Voting memiliki sistem perhitungan hasil suara yang cepat, dan yang ketiga dan yang menjadi pembeda utama adalah pemilik hak suara dapat memberikan suaranya tidak harus dengan mengunjungi TPS secara langsung tetapi mereka dapat 'mencoblos' dari mana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet. Penggunaan sistem E-Voting ini tidak lepas dari peran salah satu siswa Al Hikmah Boarding School Batu yaitu siswa atas nama Ghifari Taqiyudin, berbekal kesukaan terhadap dunia IT dia dapat menemukan dan men-set sistem E-Voting ini sehingga dapat digunakan dengan lancar pada kegiatan Pemilu OSIS ini.

Peserta atau pemilik hak suara pada Pemilu OSIS ini tidak hanya dari kalangan siswa saja tetapi juga dari jajaran pimpinan sekolah, para ustadz, dan karyawan termasuk di dalamnya sekuriti dan petugas kebersihan. Dikarenakan ketua dan wakil ketua OSIS yang terpilih nantinya ketika mengadakan program kerja atau kegiatan OSIS mereka akan berhubungan dengan warga sekolah lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung.

Harapan sekolah siapa saja yang terpilih nantinya semoga dapat memimpin OSIS dengan amanah dan tanggung jawab.


https://www.instagram.com/smaalhikmahbatuboardingschool/