Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami SMP/SMA : 087815583999/08113007055

Mengapa Memilih Al Hikmah Boarding Life?

18 September 2019 12:36:10, by Administrator

oleh: Doni Wijaya (Kepala SMP Al Hikmah Boarding Life Batu)

Memilih sekolah yang berkualitas, adalah kewajiban bagi  segenap orang tua terhadap anaknya. Bagi seorang mukmin, kewajiban ini melekat karena adanya perintah Allah dalam Al Qur’an Surat At Tahrim ayat 6, tentang kewajiban menjaga diri dan keluarga dari siksa api neraka. Cara untuk menjaganya adalah dengan tidak meninggalkan keturunan yang lemah, dengan mempersiapkan anak  kita  siap hidup pada zamannya dan selanjutnya bisa  menjadi investasi abadi yang akan bisa terus mengalir pahala kebaikannya jika kelak kita telah meninggalkan mereka.

BBC Future sudah mengumpulkan 40 prediksi yang dibuat oleh ilmuwan, teknokrat, politikus, jurnalis, blogger, dan kumpulan orang terpelajar lainnya dalam beberapa tahun terakhir tentang perubahan dunia dari tahun 2013 hingga 2150. Kecepatan Perubahan dunia yang tidak terduga ini,  pasti juga akan berdampak terhadap model pendidikan yang diyakini bisa menjawab tantangan perubahan dunia pada saatnya nanti. Keberadaan sekolah berasrama menjadi salah satu alternatif solusi untuk bisa menjawab dan memenuhi tantangan pendidikan masa depan. Karena dengan sekolah berasrama pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan visi misi sekolah sangat mudah terealisasi.

Pendidikan adalah seni membentuk manusia (Manhaj Tarbiyah-Muhammad Qutb). SMP Al Hikmah Boarding Life Batu menawarkan sebuah konsep pendidikan yang berusaha menumbuhkan dan mengembangkan 3  potensi yang Allah anugerahkan kepada setiap diri manusia, yaitu  akal , fisik (jasadiyah) dan hati (ruhiyah). Ketika 3 potensi manusia ini teroptimalkan di fase usia perkembangannya,  maka manusia itu  akan bisa memahami dan melaksanakan tujuan penciptaan (QS.2:30, QS.51:56) dan hakikat kehidupannya (QS.28:77, QS.29:64).

 

1. POTENSI AKAL

Setiap anak terlahir unik, memiliki potensi/fitrah bakat yang berbeda, dan kelak akan sukses melaksanakan peran peradaban pada masanya sesuai dengan fitrah bakat yang Allah karuniakan padanya ( QS.17:84).

Sesuatu yang menjadi kelebihan lebah adalah mereka mengenal kekuatan dan keterbatasan dirinya, sehingga mereka dapat menyimpulkan alasan keberadaannya, Mereka unik dengan kelebihan mereka, namun juga unik dengan keterbatasaannya. Seokor lebah pengurus bangkai misalnya yang bertugas mengeluarkan bangkai-bangkai dari sarang. Ia tidak merasa terhina dan “asyik” dengan aktifitasnya. Koloninya pun mengakui keberadaannya dan potensi kekuatan yang ada pada dirinya (Talent Mapping – Abah Rama Royani

SMP Al Hikmah Boarding Life Batu, yang bermitra strategis dengan para orang tua bertugas menemukan dan mengoptimalkan fitrah bakat anak yang unik pada setiapindividunya.

Dengan mengambil konsep Self Determination Theory (Autonomous, Mastery, Purpose) dan pemilihan model belajar Self Managed Learning, para siswa diharapkan mampu secara mandiri bertanggung jawab dalammenentukan target belajarnya hingga tercapai ketuntasan hasil belajar yang diharapkan di setiap mata pelajaran. Melalui beragam variasi pendekatan pembelajaran, dan dukungan sarana prasarana yang memadai, optimalisasi potensi akalnya akan termaksimalkan dalam bentuk kemampuan menyelesaian modul-modul belajar yang telah terintgrasi dalam sytem LCMS (Learning Content Managemant System).

Bahasa adalah pintu ilmu, maka setiap siswa SMP Al Hikmah Boarding Life Batu, harus memiliki kemampuan bahasa yang baik dan benar. Melalui pembiasaan mengunakan bahasa Inggris dan Arab dalam dalam pemanfaatan sumber-sumber belajar dan percakapan sehari-hari diharapkan proses melahirkan jiwa pembelajar dan kemampuan berinteraksi dalam kehidupan mayarakat global semakin optimal.

Untuk mengoptimalkan fungsi akalnya, SMP Al Hikmah Boarding Life Batu, juga akan mendidik dan membina para siswanya untuk menguasai  5  ketrampilan dasar hidup yang kelak akan berguna dalam proses kehidupannya sehari-hari, meliputi :

  1. Memasak
  2. Kebersihan
  3. Dasar-dasar  Mekanika dan kelistrikan
  4. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)
  5. Dasar-dasar Pertanian dan Peternakan

 

2. POTENSI JASAD (FISIK)

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dari mukmin yang lemah” (Hr.Muslim). Untuk bisa memaksimalkan fungsi akalnya dalam berfikir, kesehatan dan kebugaran fisik menjadi salah satu bagian yang penting untuk diperhatikan. Karena hanya dengan kondisi fisik/jasad yang bugar dan sehat seorang manusia itu akan bisa malakukan amal-amal terbaik. Oleh karena itu, SMP Al Hikmah Boarding Life Batu, menempatkan hal ini sebagai bagian yang penting. Kualitas konsumsi makanan dengan gizi yang berimbang,penjadwalan rutin aktifitas olahraga harian, dan pemerikasaan kesehatan rutin berkala, adalah kegiatan yang diharapkan bisa mengawal pencapaian kondisi fisik siswa yang prima.

 

3. POTENSI HATI (RUHIYAH)

"Sesungguhnya dalam jasad ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baiklah seluruhnya. Jika ia rusak, maka rusaklah seluruhnya. Ingatlah bahwa ia adalah hati. (HR Bukhari Muslim).

Keimanan itu ada dalam hati. Menguatkan keimanan adalah dengan menumbuhkan keyakinan kepada siswa agar mampu menempatkan, rasa takut, rasa harap dan rasa cintanya hanya kepada Allah semata.Ketika dia harus menjalankan perintah-perintahdan menjahui larangan-laranganNYA, semua itu berangkat dari rasa cintanya pada Allah, sehingga kemandirian dalam melaksanakan perintah dan menjahui laranganNYA bisa tumbuh dalam sebuah kesadaran diri yang baik, bukan karena ancaman/hukuman/sangsi dari sekolah.

Kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada pencapaian aqidah yang lurus, ibadah yang benar, dan akhlak yang baik dari para siswa terangkum dalam program pembinaan dasar keislaman yang dilaksanakan secara rutin reguler. Dengan referensi kitab Riyadush Sholihin dan Ta’lim Muta’alim, siswa diharapkan mampumengimplementasikan adab dan akhlak terpuji, bukan hanya sebagai penuntut ilmu, tapi jugasebagai seorang pemuda muslim, calon pemimpin muda Indonesiamasa depan.

Dengan mengoptimalkan 3 potensi yang Allah telah anugerahkan tersebut, maka diharapkan siswa SMP Al Hikmah Boarding Life Batu, bisa:

  1. Memahami konsekuensi dari tujuan penciptaannya yaitu dengan selalu menyertakan Allah dalam  setiap aktifitas hidupnya, baik dalam ibadah maghdhoh atau ghoiru maghdhoh
  2. Senantiasa meningkatkan kompetensi dan kemampuan dirinya agar layak  mengelola bumi dan menjadi pemimpin dalam segala perspektifnya.
  3. Mengetahui hakekat kehidupannya, yaitu dengan memahami kampung akhirat sebagai tempat kembali yang sebenarnya, dan bagaimana bisa  mendapatkan kebahagiaan hidup di akhirat tersebut dengan  tidak melupakan kehidupan dunia sebagai tempat ladang amalnya
  4. Memiliki 10 karakter dasar: 
  • JUJUR (Sesuai yang sebenarnya)
  • TANGGUNG JAWAB (Siap menerima konsekuensi)
  • DISIPLIN (Menghargai waktu)
  • MANDIRI (Terbiasa melayani kebutuhan diri)
  • TANGGUH (Kuat pantang menyerah)
  • PERCAYA DIRI  (Keyakinan bisa melakukan)
  • BERFIKIR KRITIS (Gemar menganalisis)
  • KREATIF (Kaya ide/gagasan)
  • SANTUN (Memegang teguh adab)
  • ADAPTIF (Mudah diterima)

 

PENDIDIKAN AQIL BALIGH

“Ciri paling generik dan penting bagi generasi aqil baligh adalah kemampuan untuk memikul tanggung jawab sebagai mukallaf. Bermula dari tanggung jawab pada Allah, yang akhirnya menjelma menjadi tanggung  jawab pada diri, hak milik, otoritas teritorialnya, kemanusiaan dan alam semesta” –(Fitrah Based Education 4.0 – Harry Santoso)

Dengan memahami bahwadi usia SMP akan ada peristiwa besar yaitutentang kesempurnaanpenciptaan manusia, yang menjadi batas akhir masa anak-anak untuk menjadi manusia dewasa, dimana tanggungjawab surga-neraka telah Allah percayakan penuh pada pundaknya dan semua tanggung jawab sebagai hamba telah melekatpada pribadinya.

SMP Al Hikmah Boarding Life Batu, akan sangatmemperhatikan hal ini dengan melakukan pembinaan dan pendampingan intensif menjelang datangnya masa aqil baligh hingga siswa mengetahui tanda-tandanya serta memahami makna kesempurnaan dandan tujuan penciptaannnya

 

KOMUNITAS BELAJAR

Sebagai makhluk sosial, siswa harushidup dalam lingkungan keluarga dan masyarakat sehingga SMP Al Hikmah Bording Life Batu, menghadirkan konsep:

  1. Model Keluarga,didalamnya akan menguatkan peran ayah ibu pengasuh sebagai model orang tua dan peran kakak-adik dalam persaudaraan sesama siswa.
  2. Model Masyarakat, didalamnya akan menguatkan peran diri siswa dalam masyarakat dan melihat model peran keluarga gurunya dalam masyarakat.

Untuk itu, maka environment yang diciptakan meliputi:

  1. Spiritual environment, lingkungan yang kondusif bagi siswa untuk melaksanakan kebiasaan berakhlakul karimah.
  2. Learning environment, lingkungan yang kondusif bagi siswa, guru dan masyarakat untuk belajar dengan nyaman dan dapat mengakses sumber belajar secara lengkap dan valid.
  3. Economic environment, lingkungan yang kondusif bagi siswa bersama masyarakat dalam memanfaatkan potensi alam untuk pertanian, perikanan, kegiatan produksi  dan ekonomi yang terintegrasi dalam mata pelajaran.

 

 

Link Terkait