Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami SMP/SMA : 087815583999/08113007055

Hikmah Apprenticeship Learning

14 January 2020 08:43:27, by Administrator

Pengenalan dunia kerja kepada siswa sesuai dengan minat dan cita-cita mereka

Datangilah Ilmu Pada Ahlinya

SMA Al Hikmah Boarding School Batu menyelenggarakan sebuah kegiatan Hikmah Apprenticeship Learning 2019 sebagai upaya mengisi liburan sekolah dengan aktivitas produktif, sebuah kegiatan belajar peserta didik di dunia kerja dengan mendatangi ahli-ahli di berbagai bidang.

Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai minat dan cita-cita mereka, antara lain;
1. Kelompok IT
2. Kelompok Pengusaha
3. Kelompok Dokter
4. Kelompok Pejabat Publik
5. Kelompok Riset

Kegiatan ini diharapkan dapat memberi pengetahuan dan pengalaman secara langsung bagi mereka terhadap bidang-bidang dan profesi yang mereka cita-citakan.

*


Kegiatan Magang Kelompok Peminatan IT bersama Bapak Abu Bakar yang merupakan seorang pengusaha sekaligus developer software di Surabaya. Para siswa diberi pengetahuan tentang pembuatan software dan bahasa pemrograman.
 

Belajar Bisnis Fotografi Langsung dari Ahlinya

Kelompok calon ahli IT bertemu owner Bhre Work Photography, Bapak Dimas Rahmat Pamungkas yang telah berkeliling Indonesia memberikan workshop foto produk bagi para penggiat UKM. Bapak Dimas kepada para siswa menerangkan berbagai hal tentang usaha yang beliau geluti. Beliau menjelaskan dari awal beliau merintis usaha, terus berjuang mengembangkan usaha, termasuk juga cara mendapatkan klien. Di akhir kegiatan para siswa belajar langsung tentang foto produk.

Belajar Internet Marketing.


Kelompok Peminatan IT belajar Internet Marketing kepada para tim IT Yayasan Dana Sosial Al Falah(YDSF), dengan narasumber belajar Bapak Makmun Affany yang merupakan seorang content creator dan ahli internet marketing. Mereka belajar tentang Internet Marketing dalam hal ini mencakup Branding dengan Web dan Media Sosial, Menjadi Content Creator yang baik, Manajemen Web, Promosi Via Medsos, dan digital marketing.

Kelompok IT belajar di PT Infoglobal, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang avionik pesawat tempur/militer, pengolahan data radar, sistem kontrol senjata dan perangkat lunak aplikasi pertahanan.


Kelompok Pengusaha - Belajar Menjadi Pengusaha Langsung di Dunia Kerja

Kelompok Calon Pengusaha bertemu dengan owner dari Citra Baby Shop. Citra Baby Shop adalah swalayan yang menjual berbagai produk kebutuhan balita dan telah memiliki banyak cabang. Para siswa di sini belajar berbagai hal tentang usaha tersebut. Mulai dari menajemen toko, bagaimana tentang pengelolaan stok, proses display produk, kegiatan penjualan sampai administrasi keuangannya.

Meraih keberkahan usaha dari ujung ke ujung. Kelompok calon pengusaha bertemu dengan owner CV Alton Karunia dan UD Java Dwipa, Bapak Kamim Suharto, dengan tema belajar Manajemen Pemasaran. Beliau bercerita dari berbagai macam usahanya, sukses usaha ternyata datang dari keberkahan menjaga keseimbangan alam, keberkahan dari Allah melalui pertanian besar ramah lingkungan.

Digital Disruption. Kelompok calon pengusaha bertemu bapak Muhammad Choirul Iwan, seorang pengusaha sukses owner dari BDR Surabaya di salah satu kantornya di Karah Tama Asri, Surabaya. Diskusi mengalir santai tentang bagaimana jatuh bangun memulai usaha dan strategi mempertahankan usaha di era disrupsi.

Belajar Pengelolaan Pabrik. Kelompok calon pengusaha belajar pada Bapak Hasan Baraja dan tim manajer PT Malidas. Tema belajarnya bagaimana manajemen produksi dan manajemen SDM dilakukan.

Mental Tangguh Bekal Utama Jadi Pengusaha. Kelompok calon pengusaha belajar Bapak Jemmy Wijaya, owner NAU Printing besera tim. Tema belajarnya bagaimana karakter yang dibutuhkan untuk membangun usaha.


Kelompok Peminatan Dokter - Menimbah ilmu di Rumah Sakit

Calon Dokter Langsung Belajar Praktik di Rumah Sakit.

Siswa yang bercita-cita jadi dokter mendapat pengalaman berharga. Mereka diskusi tentang sistem kerja dokter dengan manajer HRD rumah sakit. Mereka berdialog dengan dr. M. Nasiruddin tentang bagaimana meniti karir dari awal hingga menjadi dokter spesialis. Mereka diskusi dengan dr. Wachid Zaenuddin tentang kode etik kedokteran. Mereka juga melakukan simulasi kondisi gawat darurat.


Kerja Sama dengan RS Delta Surya Sidoarjo

Hikmah Apprenticeship Learning, sebuah program di masa liburan kerja sama SMA Al Hikmah Batu. Salah satu yang instansi yang menerima kegiatan ini secara resmi, dan ke depan akan menjadikan program unggulannya adalah RS Delta Surya. Bahkan dilakukan penandatangan MoU resmi, yang semiga menjadi awalan untuk kegiatan serupa di masa depan. Siswa belajar di sini selama beberapa hari, dipandu langsung oleh Direktur RS, Dr. Maya Syahria Saleh, M.Kes, Kepala Pelayanan Media dr. Wahyu Febriansah, dan beberapa dokter senior lainnya.


Siswa yang bercita-cita menjadi politisi muda masa depan menjalani magang pada Bupati Banyuwangi, Azwar Anas. Mengikuti jadwal super padat dari seorang kepala daerah, merasakan langsung sekian banyak aktivitas seorang pejabat publik.

Jadwal Magang Calon Pejabat Publik
Siswa Hiba belajar langsung kepada Bupati Banyuwangi, bapak Azwar Anas Kamis, 20 Juni 2019
09.30-10.30 Peresmian Pondok Al Anwari Banyuwangi
11.00-12.30 Sidang Paripurna di Gedung DPRD Kab Banyuwangi
18.00-22.30 Dinner dan pembukaan RAKER Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Pendopo Kab Banyuwangi

Jumat, 21 Juni 2019
08.00-11.00 Workshop Leadership bersama Bank Mandiri di Pendopo Kab Banyuwangi
13.30-15.00 Kunjungan seluruh direktur Bank Mandiri se Indonesia ke PEMDA Banyuwangi
18.30-21.30 Dinner bersama seluruh direktur Bank Mandiri se Indonesia di Pendopo Kab Banyuwangi.

Siswa ini bercita-cita untuk terjun dalam dunia militer, dan di masa liburan sekolah ini menjalani magang di Kompi Kavaleri Sarirogo. Berbagai macam kegiatan diikuti seperti latiham fisik, latihan mental, pengenalan alutsista dan diskusi kemiliteran.

Siswa ini bercita-cita menjadi pemimpin pemerintahan di masa depan, dan di masa liburan sekolah siswa yang memiliki nama M. Fadhlan Erwin ini menjalani magang pada Bupati Musi Rawas Utara Propinsi Sumatra Selatan, Bapak Syarif Hidayat. Berbagai macam kegiatan diikuti seperti, Rapat Kerja Pemerintah Daerah, Dialog dengan Kemenristek, dan Diklat Perencanaan Pembangunan Daerah. Kegiatan magang ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan pengalaman secara langsung bagi mereka terhadap bidang-bidang dan profesi yang mereka cita-citakan.


Riset di Waktu Liburan

Beberapa siswa SMA Al Hikmah Boarding School Batu akan berangkat ke Kuala Lumpur bulan depan untuk mengikuti International Young Scientist Innovation Exhibition. Mereka berupaya keras menyelesaikan riset mereka bersama tim dan pembimbing agar dapat meraih hasil yang maksimal.

https://www.instagram.com/smaalhikmahbatuboardingschool/

Berita Terkait
Link Terkait